468x60bannerad

Selasa, 03 Juni 2014

Lebih dari 17 Pabrik Gula Pernah Berdiri di Wilayah Kasultanan Yogyakarta

Berapa jumlah pabrik gula yang pernah berdiri di Yogyakarta dan sekitarnya? Jika dicari lewat Google, sebagian besar sumber akan menulis jumlah yang sama, yaitu 17. Bahkan sejumlah literatur offline pun menyebut angka yang sama. Terus terang, saya penasaran dengan angka ini, meski pernah juga menulis artikel dengan menyebut jumlah yang sama. Karenanya, saya mencoba untuk cek dan recek, sebelum kemudian mencoba datang dan mendokumentasikan satu per satu. Masalahnya, sumber referensi yang bisa dipercaya memang tak mudah didapat.

Beruntung, kemudian muncul sejumlah data yang saya kira cukup otentik, yaitu beberapa peta lama wilayah Kasultanan Yogyakarta terbitan Topografische Dients, Weltevreden (Batavia) antara tahun 1920an hingga 1930an, koleksi Digital Media Library KITLV Belanda. Mengamati bayangan wajah pelosok Yogyakarta tempo doeloe sembari mencari dimana saja lokasi pabrik gula yang ada, tentu seperti mencari jarum di sepetak rerumputan.

Hasilnya? Ternyata ada lebih dari 17 pabrik gula yang pernah berdiri di wilayah yang tak seberapa luas ini. Tepatnya ada 19 pabrik gula yang pernah berdiri di paruh pertama abad ke-20. Ke-19 pabrik itu adalah: Pabrik Gula (P.G.) Randugunting (Suikerfabriek (Sf.) Randoegoenting); P.G. Tanjungtirto (Sf. Tanjoeng / Sf. Kalasan / Sf. Tandjoeng Tirto); P.G. Wonocatur (Sf. Wonotjatoer); P.G. Kedaton Pleret (Sf. Kedaton Pleret); P.G. Jebugan / P.G. Bantul (Sf. Bantoel); P.G. Barongan (Sf.Barongan); P.G. Pundong (Sf. Poendoeng); P.G. Padokan (Sf. Padokan); P.G. Gondanglipuro / P.G. Ganjuran (Sf. Gondanglipoero); P.G. Gesikan (Sf. Gesikan); P.G. Demakidjo (Sf. Demakidjo); P.G. Cebongan (Sf. Cebongan); P.G. Beran (Sf. Beran); P.G. Medari (Sf. Medari); P.G. Rewulu (Sf. Rewoeloe); P.G. Klaci (Sf. Klatji); P.G. Sendangpitu (Sf. Sendangpitoe); P.G. Sedayu (Sf. Sedajoe); dan P.G. Sewugalur (Sf. Sewoegaloer). Jika ditambah Pabrik Gula Madukismo yang berdiri pasca kemerdekaan dan masih eksis hingga hari ini, maka total jumlah pabrik gula yang pernah berdiri di Yogyakarta dan sekitarnya setidaknya mencapai 20 pabrik.

Lalu, dimana saja lokasi pabrik-pabrik itu? Silakan simak peta dibawah ini. Jika Anda memiliki informasi tambahan yang bisa melengkapi, silakan tinggalkan komentar. Semoga bermanfaat …
Copyright © Galeri Agus Yuniarso - Except where otherwise noted, content on this site is licensed under Creative Commons license.