468x60bannerad

Rabu, 20 Juli 2011

Dari Festival Bentara Upacara Adat 2011



Untuk kedua kalinya, Dinas Kebudayaan Provinsi DIY menggelar Festival Bentara Upacara Adat, Minggu, 17 Juli 2011 lalu. Festival yang digelar di Alun-alun Utara Keraton Kasultanan Yogyakarta, menyajikan kembali sejumlah ritual adat dalam kemasan atraksi pariwisata.

Harapannya, seniman dan masyarakat lokal secara kolektif dapat memanfaatkan ruang kreatif yang tersedia sebagai wahana ekspresi seni budaya. Sementara masyarakat umum yang hadir dapat menikmati, menghayati dan mengapresiasinya sebagai wujud cinta dan peran sertanya dalam pelestarian budaya lokal.

Festival ini menyajikan 5 kontingen yang mewakili setiap kabupaten / kota di Provinsi DIY, yaitu: Upacara Adat Majemukan ‘Merti Desa Garebeg Silarong’ (Kabupaten Bantul), Saparan dan Kirab Pusaka Ki Ageng Wonolelo (Kabupaten Sleman), Napak Tilas Perjuangan ‘Nyi Ageng Serang’ (Kabupaten Kulon Progo), Rasulan Ruwat Bumi Desa Jerukwudel (Kabupaten Gunung Kidul) dan Sadranan Komunitas ‘Saeko Kapti’ (Kota Yogyakarta).






Teks & foto: Agus Yuniarso, untuk Kratonpedia.com.
Copyright © Galeri Agus Yuniarso - Except where otherwise noted, content on this site is licensed under Creative Commons license.