468x60bannerad

Rabu, 15 Januari 2014

Mobil Petualang: Tangguh di Lapangan, Modis di Jalanan

Kendaraan hadir karena ada perjalanan dan tujuan. Ketika perjalanan untuk mencapai tujuan itu memiliki tantangan yang beragam, maka memilih kendaraan yang sesuai di setiap perjalanan menjadi hal penting. Terlebih, tidak semua kendaraan diciptakan dengan nilai guna dan kenyamanan yang sama.

Untungnya, banyak pilihan ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan ini. Bagi para petualang, pilihan ini tersedia dalam banyak ragam, khususnya di kelompok SUV (sport utility vehicle) dan crossover yang sengaja diciptakan untuk performa tangguhnya di berbagai medan off-road, tanpa mengesampingkan kenyamanan dan kekeluasaan on-road yang dilintasinya.

Tampilannya pun semakin modis, ditawarkan dengan kenyamanan selayaknya sedan. Apa sajakah pilihannya?

Jeep Wrangler Rubicon

Jeep Wrangler, jenis SUV kompak dengan sistem penggerak empat roda keluaran raksasa mobil Amerika Chrysler, kini memasuki generasi ketiga dari sebuah merek legendaris yang mewarisi ketenaran Jeep Willys di era Perang Dunia II.

Varian terbarunya, Jeep Wrangler Rubicon 10th Anniversary Edition yang hanya diproduksi sekitar 120 unit untuk pasar Indonesia, dilengkapi dengan sejumlah detail dan fitur yang membedakannya dengan jenis yang beredar sebelumnya, membuatnya siap terjun di medan off-road, meski dalam kondisi baru keluar dari pabrik dalam keadaan standar.

Logo eksklusif Rubicon 10th Anniversary disematkan pada bagian eksterior berupa plakat khusus bermaterial besi padat, sementara di dalam kabin terpajang di sandaran punggung berupa bordir emboss dan pada handle-bar di sisi dashboard depan.

Edisi terbatas ini dilengkapi dengan kap mesin berventilasi yang disebut power dome hood yang dirancang untuk melepas panas mesin hingga memberikan sirkulasi yang lebih baik.

Desain drainase dirancang khusus untuk mencegah air terperangkap masuk ke ruang mesin, utamanya kala mobil berada di medan off-road. Juga dilengkapi penutup tangki bensin untuk menjaga keselamatan baik jalan aspal ataupun di lintasan alam bebas.

Nissan: Xterra PRO-4X

Kenyamanan berpetualang juga ditawarkan oleh Nissan dengan salah satu unggulannya Xterra PRO-4X Offroad Edition, nama yang diambil dari ajang kompetisi triatlon berkelas dunia yang juga disponsori Nissan.

Jenis SUV kompak dengan empat pintu ini diproduksi dengan basis platform F-Alpha Nissan, menggabungkan antara desain khas, tenaga tangguh dan nilai kegunaan tinggi, namun memiliki harga yang relatif terjangkau.

Ditenagai mesin V6 4.0-liter, mobil ini menawarkan pilihan transmisi manual 6 percepatan atau otomatis 5 percepatan, sementara untuk varian off-road terpasang aplikasi penggerak 4 roda dengan sistem elektrik.

Untuk kebutuhan petualangan, eksteriornya dilengkapi dengan tubular roof rack dan roof line, sementara bumper depan dirancang dengan sudut datang yang cukup besar memungkinkan untuk meluncur leluasa di lintasan semi off-road.

Land Rover: Discovery 4

Diilhami oleh kejayaan Jeep Willys di era Perang Dunia II, Land Rover kini menjelma menjadi kendaraan mewah bergengsi bagi kalangan terbatas yang telah menerima lebih dari 150 penghargaan di seluruh dunia.

Salah satu unggulan pabrikan asal Inggris ini adalah Land Rover Discovery, SUV berukuran menengah yang sejak diperkenalkan di tahun 1989 telah melahirkan empat generasi.

Di Amerika Utara, Discovery generasi terakhir dipasarkan dengan sebutan LR4. Untuk bersaing di pasar SUV kelas atas, generasi terbarunya ditampilkan dengan peningkatan kenyamanan dan pengendalian untuk jalan aspal layaknya sedan, namun tetap andal dan tak tertandingi di medan off-road.

Toyota Highlander

Highlander adalah jenis crossover SUV berukuran menengah pertama keluaran Toyota yang diperkenalkan pertama kali di bulan April 2000.

Di Jepang dan Australia, jenis ini diperkenalkan dengan nama Toyota Kluger, nama yang diambil dari Bahasa Jerman yang berarti cerdas atau bijaksana.

Generasi terbarunya telah muncul di ajang New York International Auto Show 2013 bulan Maret lalu, dengan desain tampilan eksterior yang lebih menarik dan terlihat perkasa. Dilengkapi dengan mesin V6 empat silinder yang dikombinasi dengan varian mesin Hybrid, Toyota Highlinder menjadi pilihan tepat bagi penyuka mobil dengan tampilan perkasa berdesain khas mobil laki-laki.

Toyota 4Runner

Pilihan lain dari keluarga Toyota adalah 4Runner yang pertama kali dipasarkan pada tahun 1984 dan saat ini telah memasuki generasi kelima.

Serupa dengan Highlander, 4Runner tergolong jenis SUV berukuran menengah. Di negeri asalnya, jenis ini dikenal dengan nama Toyota Hilux Surf. Model 2014 ditampilkan dengan perubahan gaya eksterior yang lebih tegas serta interior yang lebih nyaman dan modern, serta kemampuan off-road handal sebagai penciri kendaraan perambah segala medan.

4Runner terbaru tersedia dalam tiga varian, yakni SR5, Limited dan Trail, semua ditenagai dengan mesin V6 4.0-liter plus Dual VVT-i yang meningkatkan tenaganya sekaligus irit bahan bakar.

Honda Pilot EX

Di penghujung tahun 2014 ini, Honda bakal meluncurkan New Honda Pilot, varian terbaru dari produk crossover SUV berukuran menengah yang pertama kali diluncurkannya tahun 2002.

Meski gambar resminya belum dirilis, diyakini model terbaru ini akan tampil dengan sosok yang tak jauh berbeda dengan pendahulunya. Rancangan boxy dengan interiornya yang cukup luas memungkinkan untuk mengangkut hingga delapan orang dengan tetap menawarkan kenyamanan fitur dan teknologi canggih terkini.

Sayang, varian ini tidak hadir resmi di Indonesia karena hanya ditujukan untuk pasar Amerika utara. Untuk mendapatkannya, tentu harus melalui importir umum dengan harga yang tentu lebih mahal dari angka $ 30.000-40.000 yang menjadi harga resminya.

Mitsubishi Outlander

Di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013 bulan September lalu, Mitsubishi meluncurkan Mitsubishi Outlander Sport Limited Edition, varian terbaru SUV-nya yang dijanjikan sebagai ‘kejutan’ bagi konsumennya di Indonesia.

Dengan tambahan fitur interior dan eksterior yang lebih menarik, mobil ini diperkirakan menjadi daya tarik bagi mereka yang suka tampil dengan gaya berbeda.

Kesan ekskusifnya antara lain ditampilkan dengan tambahan garnish hitam sporty di sisi bawah bumper, velg berwarna titanium, daytime running light serta emblem ‘Limited Edition’ di sisi belakangnya. Sementara di dalam kabin tampil nuansa two-tone color hitam abu-abu, krom di tuas transmisi dan desain panel instrumen yang lebih bergaya.

Nah, manalah di antaranya yang bakal menjadi pilihan Anda?

Sumber: Kabare Magazine edisi Desember 2013 (Teks: Agus Yuniarso)
Copyright © Galeri Agus Yuniarso - Except where otherwise noted, content on this site is licensed under Creative Commons license.